Wednesday 20 April 2016

Sistem Bilangan

         Data - data yang dikirim pada sistem mekatronik ataupun pada saat komunikasi antar kontroler melibatkan angka - angka yang komplex, sedangkan kemampuan sebuah kontroler dan sistem komunikasi hanya dapat mengirim data berupa bit yang bentuk bilangannya adalah bilangan biner. Kita perlu mengetahui perubahan bilangan, karena kontroler melakukan konversi bilangan yang komplek. Sehingga data dapat ditampilkan, diproses dan dapat diolah kembali untuk menjalankan sebuah sistem mekatronika.
  1. Decimal
  2. Binary
  3. Octal
  4. Hexadecimal
            Decimal adalah Perhitungan yang sering kita pakai sehari - hari adalah bilangan pencacah atau penghitung yang sama dengan sistem perhitungan decimal. Decimal mempunyai 10 macam nomer digit yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9. Decimal dikatakan sebagai base 10 karena punya 10 jenis nomer digit. Alasan kenapa orang lebih memilih decimal, karena jari tangan kita ada 10 agr lebih mudah untuk menghitungnya dengan jari kita.

             Binary hanya menggunakan 2 macam nomer digit yaitu 0 dan 1 yang kita kenal sebagai base number 2. Binary adalah digit yang digunakan pada computer yang berguna seperti swich OFF atau ON (0 atau 1). Angka 2 diletakkan setelah binary number seperti yang dituliskan ( 10012 ) .

                  
             Octal mempunyai 8 macam nomer didit yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7 dan disebut dengan base 8. Tiga digit angka biner dapat mewakili 1 angka octal. Gunakan angka 8 diakhir penulisan octal : 2758


              Hexadecimal berasal dari 2 kata yaitu hex (6) dan decimal (10). jika kita menambahkan 6 dan 10 bersamaan kita akan mendapatkan 16 angka. Hexadecimal bisa disebut dengan hex atau angka base 16. Untuk mendapatkan hingga 16 digit maka harus ditambahkan huruf alphabet dan hingga ada 16 macam digit dan menjadi sebagai berikut 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F. Dua digit hexadecimal dapat membuat angka yang sama dengan 8 digit binary yang nantinya disebut dengan byte. Angka 16 digunakan setelah penulisan hexadecimal adalah sebagai berikut : 7F16

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes